Mengenal Peranan Pengguna di WordPress

Mengenal Peranan Pengguna di WordPress
WordPress User Roles

Pada wordpress kita bisa menambahkan / menghapus user. Hal ini sangat berguna bagi perusahaan atau kelompok dimana lebih dari 1 orang yang berkontribusi dalam membangun website. User adalah orang yang diberi hak akses tertentu sehingga bisa berperan serta dalam pengelolaan website.

Jika website anda semakin kompleks maka sebaiknya anda perlu mendelegasikan beberapa wewenang akses kepada orang lain (user) untuk ikut berperan serta mengelola website. Kalian juga dapat menentukan peran atau role dari user.

1. User Roles (Peran Pengguna)
2. Add Users (Tambahkan Pengguna)
3. User Photo (Foto Pengguna)
4. Edit Users (Edit Pengguna)
5. Delete Users (Hapus Pengguna)
6. Personal Profile (Profil Pribadi)

Urutan tingkatan peran user pada wordpress dari yang tertinggi hingga yang terendah.

User Roles (Peran Pengguna), Pada bab ini, kita akan belajar tentang peran pengguna di WordPress. Setiap pengguna memiliki peran tersendiri di WordPress. Peran seperti izin yang diberikan kepada pengguna tertentu untuk mengakses situs WordPress. Peran ini hanya bisa diberikan oleh Admin.

Berikut adalah beberapa peran yang telah ditentukan sebelumnya yang tersedia di WordPress :

  • Administrator : Administrator memiliki semua hak. Admin dapat melakukan apapun dan segala sesuatu di situs WordPress seperti membuat lebih banyak admin, mengundang lebih banyak pengguna dan juga menghapusnya.
  • Editor : Editor memiliki akses ke semua posting, halaman, komentar, kategori, tag, dan tautan. Mereka dapat membuat, menerbitkan, mengedit atau menghapus tulisan atau halaman.
  • Author : Penulis hanya bisa menulis posting, mengunggah gambar, mengedit, dan mempublikasikan posting mereka sendiri.
  • Contributor : Kontributor hanya dapat menulis dan mengedit posting mereka sampai dipublikasikan. Mereka bisa membuat posting dan halaman mereka sendiri tapi tidak bisa mempublikasikannya. Mereka tidak dapat mengunggah gambar atau file namun dapat melihat status situs Anda. Bila ingin mempublikasikan tulisan, pertama-tama harus diberitahu secara pribadi kepada administrator untuk ditinjau. Saat pos disetujui, kontributor tidak dapat membuat perubahan apa pun setelah dipublikasikan.
  • Follower : The Follower hanya bisa membaca dan mengomentari tulisan. Pengikut adalah orang-orang yang telah masuk ke akun Anda untuk menerima pembaruan.
  • Viewer : Pemirsa hanya dapat melihat posting Anda; mereka tidak bisa mengedit tapi hanya bisa berkomentar di posting.

Cara Membuat Hak Akses User WordPress

  • Administrator
    Merupakan user dengan tingkat tertinggi di WordPress dan akan dibuat satu secara default saat anda pertama kali menginstall WordPress. Memiliki akses ke semua fitur yang ada di situs WordPress tersebut, mulai dari administrasi CMS, manajemen user, pengaturan tema dan plugin, manajemen file dan media yang diupload, modifikasi kode sederhana, moderasi komentar, pembuatan post dan halaman.
  • Editor (Penyunting)
    Fokus user tingkat ini adalah melakukan kendali kualitas dari setiap posting atau konten yang dibuat sehingga ia bisa membuat juga mengedit setiap aspeknya. Ini termasuk file, gambar dan media yang diupload. Mampu melakukan moderasi komentar juga.
  • Author (Penulis)
    Tingkat user yang hanya memiliki kemampuan menulis dan hanya bisa memodifikasi artikel kreasinya sendiri. Bisa mempublikasikan tulisannya saat itu juga. Tapi tidak memiliki kemampuan moderasi komentar.
  • Contributor (Kontributor)
    User tingkat ini bisa membuat posting tapi tidak bisa mempublikasikannya. Biasa digunakan untuk kontributor atau penulis junior karena hasil penulisannya akan dicek oleh Author atau Editor baru bisa dipublikasikan.
  • Subscriber (Pelanggan)
    Sedangkan tingkatan ini hanya bisa membaca dan berkomentar saja. Perbedaannya dengan user tamu (guest) adalah pada beberapa halaman yang diprivat bisa diakses.

Tinggalkan Balasan