UKM PRIMA UIN SMH Banten Gelar Pelatihan Riset dan Kepenulisan 2023

UKM PRIMA UIN SMH Banten Gelar Pelatihan Riset dan Kepenulisan 2023

ANTERO NEWS – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pusat Riset Mahasiswa (PRIMA) UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten menggelar Pelatihan Riset dan Kepenulisan (PERAN) 2023.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, 4-5 November 2023 di Yayasan Yamifa Dh-Land Ciomas, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang-Banten dengan tema “Mewujudkan Mahasiswa Kreatif dan Inovatif dalam Dunia Riset”. Pelatihan diikuti oleh 30 peserta dari berbagai jurusan di UIN SMH Banten, baik semester 1 dan 3.

Narasumber ahli dibidangnya hadir dalam pelatihan ini.

Pelatihan diisi oleh narasumber Dr. Hanafi, M.Pd., M.A. (Dosen UIN SMH Banten), Dede Fatchurozi, M.Pd. (Pembimbing UKM PRIMA 2023), M. Nurul Fazri, S.Hum. (Rumah Dunia dan Sajak Senja Banten) dan Rizka Mayori, S.Sos. (Pembimbing UKM PRIMA 2023 dan Sekretaris UKM PRIMA 2022).

Ketua pelaksana PERAN 2023 Sahrul Mua’ayad Asidiqi menuturkan, kegiatan PERAN menjadikan langkah awal dalam mengenal dunia riset, akan ada narasumber yang ahli dibidangnya serta teman-teman bisa bertanya dan mencatat materinya. Terimakasih kepada peserta yang ingin belajar penelitian.

Aisya Meyra Putri selaku Ketua Umum UKM PRIMA Masa Bakti 2023 memaparkan output dari kegiatan PERAN 2023 dan ada pemaparan hasil laporan penelitian Kemah Riset Studi Kawasan (KRSK) dari anggota UKM PRIMA yang dilaksanakan selama 14 hari di Cikeusal, Kab. Serang-Banten.

“UKM Pusat Riset Mahasiswa (PRIMA) kembali menggelar Pelatihan Riset dan Kepenulisan untuk kedua kalinya,. Output dari kegiatan ini diharapkan dapat memperkenalkan serta mengetahui tentang penelitian dan kepenulisan karena kita sebagai mahasiswa tidak terlepas dari namanya penelitian. Rangkaian acara PERAN 2023 akan menghadirkan narasumber yang sangat luar bisa dan tidak hanya itu akan ada bedah hasil laporan Kemah Riset Studi Kawasan (KRSK) dari anggota UKM Pusat Riset Mahasiswa (PRIMA) yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok Kualitatif dan Kuantitatif.” tuturnya.

Pembina UKM PRIMA mengapresiasi kegiatan ini dan mengajak mahasiswa untuk tertarik dengan dunia riset.

Sementara itu, Pembina UKM PRIMA Dr. Ade Fakih Kurniawan, S,ThI., M.Ud. menyampaikan bahwa perkembangan dunia riset sangat dinamis dan riset menjadi kebutuhan bagi mahasiswa.

“Walaupun kegiatan ini belum bermanfaat dalam waktu dekat tapi bisa dapat bermanfaat ketika sudah menginjak semester 5 keatas atau sedang menggarap skripsi. Dalam dunia riset perkembangannya sangat dinamis, riset itu asik. Riset bukan soal dilab saja tetapi apapun bisa kita riset seperti dalam mengelola YouTube, mengelola usaha harus ada riset terlebih dahulu. Riset sudah seharunya menjadi kebutuhan masiswa mulai dari mengerjakan makalah, tugas laporan bahkan dalam melalukan penggarapan skripsi.,” katanya.

Bedah Kemah Riset Studi Kawasan menjadi salah satu highlight dari kegiatan ini.

Selanjutnya dalam rangkaian acara PERAN 2023 UKM Pusat Riset Mahasiswa (PRIMA) melakukan bedah Kemah Riset Studi Kawasan (KRSK) dengan melakukan presentasi. Presentasi pertama kelompok Kualitatif yang dipresentasikan oleh perwakilan kelompok yaitu Rismawa, Alifia dan Sendi dengan hasil penelitian yang berjudul “Pemanfaatan Pekarangan Rumah Sebagai Alternatif Budidaya Holtikultura Dalam Mendukung Ketahanan Pangan”. Presentasi kedua kelompok Kuantitatif yang dipresentasikan oleh perwakilan kelompok yaitu Umil, Hipjiah dan Fadhila.

Terselenggaranya PERAN 2023 yang diadakan oleh UKM Pusat Riset Mahasiswa dapat menjadi wadah bagi mahasiswa UIN SMH Banten dalam mengembangkan skill dibidang penelitian dan penalaran dan dapat menjadi ajang silaturahmi.

Penulis : Aisya Meyra Putri
Hastag: #ukmprima #PusatRisetMahasiwa #uinsmhbanten #PERAN2023 #pelatihan #risetdankepenulisan

Tinggalkan Balasan