Tips Cara Memasak Nasi dengan Rice Cooker

oleh

Tips Cara Memasak Nasi dengan Rice Cooker – Rice cooker merupakan penanak nasi modern dengan di lengkapi fitur penghangat hingga menjaga nasi tetap hangat setelah matang, kamu tidak perlu lagi mengawasi karena takut gosong, kami akan memberikan tutorial cara memasak nasi dengan penanak nasi.

Baca : Resep Rendang Masakan Padang

Tips Cara Memasak Nasi dengan Rice Cooker

Takar beras dengan cangkir, lalu tuangkan ke dalam panci penanak nasi.

  • Satu cangkir beras biasanya (240 ml) akan menghasilkan antara 1 1/2 cangkir (360 ml) sampai tiga cangkir (720 ml) nasi, tergantung pada varietas beras yang digunakan. Sisakan cukup ruang untuk menampung nasi yang mengembang sehingga nasi atau air tidak akan meluap keluar.

Cuci beras. cuci terlebihdahulu beras yang akan kita masak menggunakan air yang mengalir agar pestisida, herbisida, atau kontaminan yang mungkin ada bisa hilang.

Ukur air. Banyaknya air yang akan kamu tambahkan tergantung pada jumblah beras yang akan kamu masak, juga tekstur nasi apa yang kamu inginkan

Berapa banyak air yang Anda tambahkan bergantung pada jumlah dan jenis beras yang Anda masak, serta tekstur nasi seperti apa yang Anda inginkan.

Baca : Bumbu Soto Ayam Bening – Resep Masakan

Rendam beras selama tiga puluh menit. sebetulnya hal ini tidak wajib untuk di lakukan, namun kebanyakan orang melakukan ini untuk mempersingkat waktu memasak.

Perendaman beras juga dapat membuat nasi menjadi lebih lengket, kemudian gunakan air rendaman ini juga untuk memasak.

Tambahkan perasa. jika ingin menambahkan perasa dalam beras yang akan di masak kamu harus menambahkannya pada saat sebelum memasak, hingga beras perasa akan menyerap pada beras, kamu juga boleh menambahkan daun salam untuk pewangi nasi yang kamu masak.

Periksa penanak nasi kamu untuk menyalakan pilihan atau pengaturan khusus. Sebagian besar penanak nasi hanya memiliki tombol on/off saja, sementara yang lainnya memiliki pengaturan yang berbeda untuk beras merah atau putih, atau pengaturan untuk menunda memasak dan baru mulai setelah jangka waktu tertentu. Masalah saat memasak jarang terjadi jika Anda memilih pengaturan biasa, namun mungkin Anda juga perlu mengetahui fungsi tombol lainnya jika ada.

Baca : Resep Sederhana Nasi Goreng Telur Gurih Pedas Enak Lezat

Masak nasi dalam penanak nasi Tutup penanak nasi , hubungkan kabelnya dengan stopkontak listrik, dan tekan tombol untuk memasak (cook). Tombol ini biasanya mengeluarkan bunyi klik secara otomatis seperti pemanggang roti saat nasi matang.

Tips Cara Memasak Nasi dengan Rice Cooker

Tips Selagi Memasak Nasi

  • Jangan buka tutup penanak nasi untuk memeriksa nasi selama dimasak. Karena, proses ini bergantung pada uap yang terbentuk di dalam panci. Akibatnya, jika tutupnya dibuka dan sebagian uapnya keluar, nasi mungkin tidak akan matang dengan sempurna.
  • Penanak nasi akan berhenti memasak secara otomatis ketika suhu di dalam panci melebihi titik didih air (100 derajat C pada ketinggian sama dengan permukaan laut), yang tidak akan tercapai hingga semua air bebas telah menguap.

Bila nasi sudah matang, Biarkan nasi selama 10-15 menit sebelum membuka tutup penanak nasi. meski ini ini tidak harus dilakukan, memutus aliran listrik ataupun mengangkat panci dari sumber panas akan mengurangi jumlah nasi yang merekat di panci penanak nasi. (Red)

 

Tinggalkan Balasan