Surplus 40.550 Ton Beras, Al-Muktabar : Petani Adalah Pahlawan Kita

Surplus 40.550 Ton Beras, Al-Muktabar : Petani Adalah Pahlawan Kita
Petani Adalah Pahlawan Kita

Anteronews.com, Serang – Pemerintah Provinsi Banten bersama dengan Dinas Pertanian Banten, Kementrian Pertanian, Pemerintah Kabupaten Serang, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Serang, Camat Tanara, Tokoh Masyarakat dan Petani melakukan Panen Raya di Desa Tenjoayu, Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang pada Kamis (09/03/2023).

Panen Raya ini merupakan program Nasional yang dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo di Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Kebumen dipilih karena menjadi salah satu wilayah yang kaya akan hasil pertaniannya dengan surplus 125 ribu ton pada tahun 2022.

Penjabat Gubernur Banten, Al-Muktabar mengatakan jika Petani adalah Pahlawan kita sebab oleh karya tangan petani adanya hidangan berupa nasi yang menjadi makanan pokok kita semua.

” Pemerintah mengapresiasi petani sebab petani adalah pahlawan dan kedepannya kita akan terus melakukan sinergi dengan petani dalam mengentaskan krisis pangan ” Ucap Al.

“Potensi persawahan di sini sangat potensial, makanya kita akan optimalkan dari sisi hulu maupun hilirnya termasuk pasca panennya,” tambah Al-Muktabar.

Terakhir Al-Muktabar berharap terpenuhinya Kedaulatan Pangan di Banten Khususnya di Indonesia.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten, Ir. Agus M Tauchid dalam laporannya mengatakan untuk Panen Raya di Banten akan dilaksanakan di 3 Kabupaten yaitu Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak.

“Agus menambahkan Luas panen padi di Provinsi pada 4 (empat) kabupaten seluas 56.818 ha ditambah luas panen di Kota Serang, Kota Cilegon dan Kota
Tangerang seluas 2.853 ha. Sehingga Total luas panen selama bulan maret 2023 di Provinsi Banten seluas 59.671 ha yang akan menghasilkan 311.168 ton Gabah Kering Giling atau setara beras 179.450 ton” tambah Agus.

“Produksi beras pada bulan Maret sebesar 179,450 ton cukup untuk satu bulan lebih kebutuhan masyarakat Provinsi Banten dimana kebutuhan secara rerata per bulan sebesar 110.000 ton. dengan kata lain kelebihan produksi selama bulan Maret sebesar 40.550 ton beras, ini merupakan hasil yang cukup memuaskan” kata Agus.(Adv dinas komunikasi informatika Statistik dan Persendian Prov Banten)

Tinggalkan Balasan