Resep Membuat Donat Enak Dan Empuk

oleh
Resep Membuat Donat Enak Dan Empuk

Resep Membuat Donat Enak Dan Empuk – Cara membuat donat sangat enak yang bisa sobat sajikan untuk keluarga tercinta, Donat seperti yang kita kenal terbuat dari adonan yang digoreng. Banyak sekali variasi, bentuk, ukuran, dan rasa donat. Apa tipe donat favorit Anda? Bagaimana cara membuat donat goreng?

Cara Membuat Donat Empuk Enak dan Mengembang

Resep Membuat Donat Enak Dan Empuk

Donat (doughnuts atau donut), merupakan salah satu jenis makanan, yang terbuat dari adonan tepung terigu, gula, telur, dan mentega. Seluruh adonan tersebut kemudian dicampur dan diaduk secara merata, hingga mendapatkan adonan yang sempurna. Adonan tersebut kemudian dibentuk seperti cincin dengan lubang di bagian tengahnya, selanjutnya di goreng dalam minyak panas. Untuk hiasan atasnya, bisa ditambahkan meises, tepung gula, krim, dan sebagainya.

Sejarah kue donat pertama kali diperkenalkan oleh seorang berketurunan Belanda pada abad ke-19. Di Belanda, donat sering disebut sebagai salah satu jenis olykoek. Olykoek dalam bahasa Belanda berarti “kue minyak”, yaitu kue manis yang digoreng dengan lemak.

Pada dasarnya, donat terkenal sebagai makanan atau kue yang berlubang. Bentuknya yang seperti ini merupakan bentuk awal donat, sejak pertama kali di buat. Tapi seiring berjalannya waktu, Donat mengalami banyak perubahan dan variasi baru. Bentuk donat tidak hanya berlubang, tapi ada beberapa yang dibuat tanpa lubang dan bahkan dibuat dengan berbagai bentuk seperi bentuk hati, petak, dan sebagainya.

Donat yang paling populer dan umum adalah tipe donat dengan lubang di tengahnya. Meskipun tipe donat klasik ini mempunyai banyak macam rasa dengan toping yang berbeda-beda, rasa dan toping paling umum bagi orang Indonesia adalah dengan toping meses coklat dan gula salju.

Banyak anak yang tertarik dengan lubang di tengah donat? Kenapa ada lubang? Buat apa? Ada beberapa teori tentang sejarah di balik asal lubang pada donat. Yang paling populer cerita seorang pelaut Amerika, Hanson Gregory yang menciptakan lubang donat pada tahun 1847 saat menaiki kapal perdagangan. Kala itu, dia hanya berusia 16 tahun.

Untuk Cara membuat donat, sobat antero bisa mengikuti resep kue donat di bawah :

Cara membuat donat kentang

Resep donat kentang

Bahan :

  • Tepung terigu ½ kg
  • Kentang yang sudah dikukus dan dihaluskan sebanyak 200 gram
  • Gula pasir 4 sdm
  • Mentega 3 sdm
  • Ragi instan 11 g
  • Air 200 cc
  • Susu bubuk 3 sdm
  • Susu kental manis 3 sdm
  • Garam 2 sdt
  • Telur 2 butir

Cara membuat :

  1. Kocok 2 butir telur dalam mangkuk hingga berbusa, tambahkan garam, gula pasir, tepung terigu, dan mentega. Aduk hingga rata.
  2. Tuang kentang yang sudah dihaluskan
  3. Masukkan ragi ke dalam air dan aduk hingga larut, lalu masukkan air ragi tersebut dalam adonan.
  4. Secara perlahan uleni adonan hingga kalis.
  5. Tutup mangkok dengan kain. Diamkan adonan selama 1 jam agar mengembang.
  6. Setelah 1 jam berlalu, Anda bisa mulai memanaskan minyak goreng.
  7. Mulailah membentuk adonan menjadi bentuk donat, jangan lupa untuk memberi lubang di tengah.
  8. Masukkan adonan yang telah dibentuk tadi ke dalam penggorengan. Agar tidak mudah gosong, gunakan api kecil. Tunggu hingga adonan donat telah berubah warna menjadi kecokelatan. Lalu angkat dan biarkan dingin.
  9. Setelah donat dingin, olesi donat dengan mentega.
  10. Anda bisa memberikan toping donat dengan meses, keju, gula salju, atau apapun yang Anda inginkan.

Sebenarnya apa sih yang membedakan donat JCO dengan donat-donat lainnya? Ternyata dibalik kenikmatannya, ada tepung khusus yang digunakan agar hasilnya lebih lembut dan empuk. Tepung yang digunakan adalah tepung komachi atau tepung Jepang. Memang sih, harganya lebih mahal daripada tepung yang biasa kita gunakan. Selain mahal, tepung komachi memang susah didapat.

Cara membuat donat JCO

Bahan pertama :

  • Tepung komachi atau tepung terigu berprotein tinggi 22 g
  • Garam ⅛ sdt / sejumput
  • Ragi instan 7 g
  • Air bersih 150 ml

Bahan kedua :

  • Tepung komachi atau tepung terigu berprotein tinggi 50 g
  • Telur ½ butir, kocok hingga berbusa
  • Susu bubuk full cream 15 g
  • Gula pasir 30 g
  • Mentega putih 30 g

Cara membuat :

  1. Ayak tepung bahan pertama dan kedua hingga benar-benar halus dan bebas dari kotoran.
  2. Masukkan bahan pertama (tepung komachi atau tepung terigu berprotein tinggi, ragi, dan garam) ke dalam mangkuk. Aduk hingga rata.
  3. Tambahkan air ke dalam adonan bahan pertama. Aduk hingga rata.
  4. Tutupi mangkuk dengan kain dan diamkan selama 90 menit agar mengembang sempurna.
  5. Masukkan bahan kedua (tepung komachi atau tepung terigu berprotein tinggi, telur, susu bubuk, gula pasir, dan mentega putih) ke dalam mangkuk adonan pertama. Aduk hingga rata atau uleni dengan menggunakan tangan hingga kalis dan elastis.
  6. Tutupi mangkuk dengan kain dan diamkan selama 15 menit agar mengembang sempurna.
  7. Mulailah membentuk adonan menjadi bentuk donat, jangan lupa untuk memberi lubang di tengah. Jika ingin hasil yang lebih rapi bisa menggunakan cetakan donat.
  8. Ulangi hingga semua adonan selesai dibentuk lalu diamkan kembali selama 10 menit.
  9. Anda bisa mulai memanaskan minyak goreng.
  10. Masukkan adonan ke dalam minyak. Selama proses penggorengan gunakan sumpit untuk memutar mutar donat supaya lubang tengahnya terbentuk sempurna.

Resep Kue Lainnya : Cara Membuat Kue Tart Ulang Tahun Mudah Dan Enak

Tinggalkan Balasan