Lebak  

Pemerintah Kabupaten Lebak Maksimalkan Upaya Pembangunan SPAM di 16 Kecamatan

Pemerintah Kabupaten Lebak Maksimalkan Upaya Pembangunan SPAM di 16 Kecamatan

ANTERO NEWS, LEBAK – Dalam upaya untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap air bersih, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, terus berkomitmen melaksanakan pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM) yang merata di sejumlah kecamatan di wilayah Kabupaten Lebak. Proyek ini menjadi fokus utama untuk tahun 2023.

sistem penyediaan air minum (SPAM)
SPAM

Menurut Kepala Bidang Cipta Karya, Hendro, proyek SPAM ini akan menjangkau sebanyak 24 titik yang tersebar di 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Lebak. Tujuan utama proyek ini adalah untuk menyediakan pasokan air bersih yang memadai bagi masyarakat.

“Dengan adanya pembangunan sistem penyediaan air minum atau yang disebut SPAM ini, tujuannya adalah untuk menyediakan air bersih yang layak dan terjangkau bagi masyarakat Kabupaten Lebak,” ujar Hendro saat diwawancarai oleh wartawan di ruang kerjanya pada Selasa (26/9/2023).

Proses pemilihan lokasi pembangunan SPAM dilakukan berdasarkan usulan dari pemerintah desa setempat yang mendapat tanggapan positif dari DPUPR Kabupaten Lebak. Hendro menekankan bahwa kebutuhan akan air bersih di wilayah-wilayah tersebut menjadi faktor utama dalam penentuan lokasi pembangunan SPAM.

“Karena dari 24 titik pembangunan SPAM tersebut, masyarakat kesulitan mendapatkan pasokan air bersih di daerahnya masing-masing. Inilah yang menjadi dorongan utama bagi kami untuk terus berupaya memastikan proyek ini berjalan dengan lancar,” tambah Hendro, yang sebelumnya menjabat sebagai Kabid Balitbangda.

Saat ini, semua pekerjaan pembangunan SPAM telah mencapai progres sekitar 90 persen. Hendro dengan penuh keyakinan menyatakan bahwa dalam minggu pertama atau kedua bulan Oktober, seluruh pekerjaan akan mencapai tingkat penyelesaian 100 persen.

Pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM) di tahun 2023 ini memerlukan dana sebesar Rp 14,9 Miliar. Harapannya, dengan tersedianya SPAM ini, masyarakat Kabupaten Lebak akan terbebas dari kesulitan dalam mendapatkan pasokan air bersih. Tetapi, penting untuk diingat bahwa peran serta aktif masyarakat dalam menjaga dan merawat infrastruktur yang telah dibangun oleh Pemerintah adalah kunci keberhasilan jangka panjang dari proyek ini.

Pembangunan SPAM yang merata di Kabupaten Lebak menjadi langkah penting dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui akses yang lebih baik terhadap air bersih yang menjadi salah satu kebutuhan dasar yang tak tergantikan.

Tinggalkan Balasan