Menghilangkan Linea Nigra Atau Garis Memanjang Pada Perut Ibu Hamil

oleh

Kehamilan memang bisa menyebabkan banyak perubahan pada tubuh ibu hamil. Menjelang tengah kehamilan, Ibu mulai menyadari munculnya garis-garis vertikal yang membentang di perut. Apa penyebabnya dan apakah itu normal?

Garis kehamilan ini disebut linea nigra, yang berarti garis hitam. Garis ini biasanya berbentuk memanjang dari pusar ke tulang kemaluan. Bisa jadi garis ini sebelum kehamilan, tetapi tidak begitu terlihat. Sebelumnya garis ini disebut linea alba atau garis putih.

Baca juga: Ini Pantangan Untuk Ibu Hamil

Memahami Linea Nigra atau Garis Longitudinal di Perut Ibu Hamil

Apa penyebab Linea Nigra?

Meski sering disebut garis hitam, tetapi sebenarnya linea nigra berwarna coklat dan akan semakin gelap seiring bertambahnya usia kehamilan. Lebar garis ini kira-kira 0,5 hingga 1 cm atau lebih. Garis ini biasanya muncul di bulan kelima kehamilan.

Penyebab munculnya linea nigra tidak diketahui secara pasti. Namun, ini adalah bagian alami dari kehamilan. Agaknya garis ini disebabkan oleh perubahan hormonal selama kehamilan. Plasenta menghasilkan hormon yang merangsang melanosit, menyebabkan garis berwarna gelap ke perut selama kehamilan.

Baca juga: Resiko Hamil di atas umur 3o tahun

Ada yang mengatakan bahwa dari linea nigra ini Ibu bisa mengetahui jenis kelamin bayi. Jika garis itu melewati pusar, maka sang Ibu mengandung anak perempuan, dan anak laki-laki jika garis itu memotong tulang rusuk. Namun, ini hanya mitos dan tidak bisa dibuktikan secara medis ya, Bun.

Selain linea nigra, Ibu mungkin menyadari bahwa kulit payudara dan perut juga menjadi lebih gelap. Bintik-bintik dan bekas luka yang sebelumnya telah terbentuk juga akan lebih terlihat. Ini karena hormon kehamilan, seperti estrogen dan progesteron, merangsang melanosit yang membuat kulit menjadi lebih gelap.

Baca juga: Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Cara yang Tepat untuk Menangani Linea Nigra

Meskipun onset linea nigra ini tidak dapat dicegah, tetapi garis ini biasanya menghilang dengan sendirinya setelah bayi lahir. Kondisi ini juga tidak berbahaya. Ibu sebenarnya tidak perlu melakukan apa pun untuk menangani linea nigra.

Muncul Garis Hitam di Perut saat Hamil

Namun, Ibu mungkin perlu melihat makanan yang dikonsumsi. Menurut penelitian, linea nigra dapat dikaitkan dengan kekurangan asam folat. Linea nigra lebih samar pada wanita hamil yang mengkonsumsi makanan yang cukup mengandung asam folat. Konsumsi makanan yang kaya asam folat untuk ibu hamil, termasuk sayuran hijau, dan buah-buahan seperti jeruk dan alpukat. Selain bermanfaat bagi kulit, asam folat juga berguna untuk mencegah gangguan janin.

Baca juga: Ini Mitos Bagi Ibu Hamil Bunda Harus Tahu

Linea nigra ini akan muncul kembali ketika Ibu mengandung anak kedua dan seterusnya. Pada beberapa ibu, garis ini mungkin tidak sepenuhnya hilang setelah melahirkan. Jika tidak hilang dan terasa mengganggu penampilan, Ibu bisa berkonsultasi dengan dokter kulit, yang mungkin meresepkan krim pemutih. Namun, krim ini tidak boleh digunakan ketika Ibu hamil atau menyusui.

Paparan sinar matahari yang bisa membuat garis ini lebih jelas. Ibu bisa menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit. Selain menggunakan tabir surya, Ibu harus menjaga rutinitas olah raga ringan seperti berjalan, makan cukup vitamin C dan menggunakan diperkaya lotion vitamin E. Tapi, sesuaikan dengan rekomendasi dokter ya, Bun

Baca juga: Tips Cara Cepat Hamil

Jadi, ibu hamil tidak perlu khawatir dan bingung lagi ketika garis tampak memanjang di perut. Linea nigra adalah hal yang normal dan biasanya hilang dengan sendirinya setelah melahirkan. Jika Ibu masih khawatir, konsultasikan hal ini dengan dokter kandungan untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Tinggalkan Balasan