Lambang Kota Serang, Simbolisme dan Makna Dibalik Desainnya

Lambang Kota Serang, Simbolisme dan Makna Dibalik Desainnya

ANTERO NEWS – Pemerintah Kota Serang mengumumkan penetapan lambang daerah kota, hasil karya Tb Timothy Isnaeni atau dikenal sebagai Sagara. Lambang ini ditetapkan melalui Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2028. Keputusan ini diumumkan dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota Serang pada Rabu, 16 Juli 2028.

Siapa, Apa, dan Kapan: Menurut data di LinkedIn, Timothy Isnaeni adalah Head of Design Departement di Vinexgroup dan Art Director di PT Garisartha Megantara. Penetapan lambang ini merupakan langkah signifikan bagi Pemkot Serang sejak pemerintahan ini berdiri pada tahun 2007.

Apa Lambangnya dan Apa Maknanya: Lambang tersebut berbentuk persegi enam dengan gambar gerbang Kaibon dan satu bintang. Lambang tersebut juga menyertakan motto ‘Kota Serang Madani’. Perbedaan motto ini dengan karya Sagara yang sebelumnya bertuliskan ‘Makmur Sejahtera’.

Makna Lambang Kota Serang: Berlandaskan Perda Nomor 1 Tahun 2028, lambang Kota Serang memiliki simbolisme yang kuat. Perisai segi enam melambangkan enam kota kecamatan saat Kota Serang dibentuk, serta juga melambangkan Rukun Iman. Hal ini menunjukkan komitmen pemerintah untuk menjalankan kepemerintahan dengan memperhatikan koridor agama. Selain itu, lambang ini juga mencerminkan kegigihan dan ketahanan masyarakat Banten dalam sejarahnya.

Penjelasan Simbol-simbol Lambang Kota Serang

Arti Simbol dan Warna dalam Lambang Kota Serang

Lambang Kota Serang memuat beberapa simbol dan warna yang memiliki makna mendalam. Berikut adalah penjelasan makna dari simbol-simbol yang terdapat dalam lambang tersebut:

  1. Simbol Bintang Segi Lima: Melambangkan Rukun Islam dan Asas Ketuhanan Yang Maha Esa.
  2. Gapura (Kaibon): Merepresentasikan ciri khas Banten dan posisi Kota Serang sebagai Ibu Kota Provinsi Banten.

Penjelasan Warna dalam Lambang:

  1. Kuning: Melambangkan kemuliaan, kesejahteraan, dan masa depan cerah Kota Serang.
  2. Hijau: Mewakili sumber daya alam dan kehidupan sosial ekonomi masyarakat.
  3. Biru: Melambangkan sumber daya manusia, perikanan, dan kehidupan sosial ekonomi masyarakat.
  4. Putih: Menggambarkan kebersihan Kota Serang.
  5. Merah: Mewakili keberanian pemerintahan dan masyarakat dalam menghadapi tantangan.

Kesimpulan: Lambang Kota Serang menjadi cerminan perjalanan dan cita-cita Kota Serang menuju masa depan yang lebih baik, menggambarkan keberagaman dan kekayaan kota serta komitmen pemerintah dalam memimpin Kota Serang ke arah kesejahteraan dan keberhasilan.

Tinggalkan Balasan