Kuliah Sambil Kerja? Ini 5 Cara Atur Waktu Biar Tugas Gak Keteteran

oleh
kuliah sambil kerja
kuliah sambil kerja

Banyak yang menganggap bahwa kuliah sambil bekerja hampir tidak mungkin. Bahkan, banyak juga kok, siswa yang berhasil menjalankan keduanya pada saat bersamaan. Ya, Anda masih bisa kuliah sambil kerja jika Anda dapat mengatur waktu dan kesehatan Anda. Selain uang saku ekstra, kuliah sambil bekerja bisa memberi Anda lebih banyak pengetahuan yang belum tentu Anda dapatkan di kampus. Salah satunya adalah menambah pengalaman bekerja dalam tim. Anda juga dapat belajar untuk beradaptasi di lingkungan kerja Anda, sehingga ketika Anda lulus, Anda memiliki pengalaman untuk beradaptasi dengan cepat.

Beberapa kelebihan ini tentu menjadikan kuliah sambil bekerja tentu menarik untuk dicoba, Jika Anda memiliki waktu untuk berpikir bahwa Anda belum menemukan pekerjaan yang tepat, atau tidak memiliki kemampuan untuk berbagi kuliah saat Anda bekerja, Anda dapat mencoba beberapa tips ini untuk membuat rencana kuliah Anda berhasil.

Memilih bidang kerja yang sesuai

Anda dapat memilih bidang kerja yang sesuai dengan program studi Anda di perguruan tinggi. Dengan ini Anda dapat langsung melihat apa yang Anda pelajari selama kuliah di tempat kerja Anda. Selain itu, Anda juga memiliki kesempatan untuk belajar terlebih dahulu tentang sesuatu yang belum Anda pelajari di perguruan tinggi. Dengan kuliah sambil kerja, Anda dapat meningkatkan nilai Anda atau menambah pekerjaan baru seperti tutor.

Jika Anda tidak menemukan pekerjaan di bidang yang sesuai, Anda dapat mencoba menyesuaikan pekerjaan Anda dengan waktu atau kemampuan Anda. Anda mungkin mencoba untuk bekerja sebagai pekerja paruh waktu di kafe atau bekerja sebagai pekerja lepas. Dengan jenis pekerjaan ini, Anda dapat memiliki lebih banyak waktu luang karena Anda tidak perlu menghabiskan lebih dari 7 jam untuk bekerja di kantor. Anda dapat dengan mudah bekerja di rumah atau di kampus. Tentunya ini bisa membuka minat lebih untuk mencoba kuliah saat bekerja bukan?

Menginformasikan ke perusahaan bahwa kamu adalah mahasiswa

Karena perguruan tinggi harus menjadi prioritas pertama Anda, beri tahu perusahaan Anda jika Anda seorang pelajar. Dengan begitu perusahaan dapat membantu menyesuaikan jadwal kerja Anda dengan jadwal kuliah Anda. Anda dapat berkonsultasi dengan bagian HRD perusahaan tempat Anda bekerja. Tim HRD akan memberikan solusi terbaik untuk Anda dan perusahaan. Jadi Anda bisa kuliah sambil bekerja dengan maksimal.

Atau sebaliknya, untuk dapat menyeimbangkan kehidupan kuliah sambil bekerja Anda dapat berkonsultasi dengan kampus Anda sehingga Anda dapat menghadiri kelas malam. Dengan menghadiri kelas malam, pada siang hari Anda dapat menggunakan waktu untuk bekerja. Jika Anda mengambil kursus malam, waktu kuliah Anda akan lebih efektif karena tidak ada waktu luang di antara kelas seperti kuliah reguler. Jadi Anda dapat menyeimbangkan waktu di kampus dengan waktu kerja.

Perhatikan biaya pengeluaran agar tetap efisien

Tidak jarang beberapa mahasiswa memilih kuliah sambil bekerja untuk meringankan biaya kuliah atau hanya menambah uang saku. Namun, itu dapat diatasi dengan mengajukan permohonan beasiswa bagi perusahaan tempat Anda bekerja. Jika diterima oleh perusahaan, Anda dapat meringankan biaya kuliah Anda dari beasiswa yang diberikan oleh perusahaan tempat Anda bekerja. Namun, masih ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan jika Anda berhasil mendapatkan beasiswa dari perusahaan.

Baca juga: Tips Mengobati Stres Pekerjaan

Performa kamu bekerja harus tetap menjanjikan, jika ya, bisa saja kamu akan diberikan beasiswa hingga akhir kuliahmu. Atau adanya perjanjian yang perlu kamu tepati seperti kontrak kerja hingga kompensasi yang harusnya kamu terima. Untuk itu kamu perlu mempertimbangkan baik-baik biaya yang kamu perlukan sehingga dapat menjalankan kuliah sambil kerja dengan baik.

Perfoma kamu saat kuliah sambil kerja harus menjanjikan

Jika Anda telah memutuskan untuk mencoba kuliah saat Anda bekerja, Anda harus menjamin kinerja Anda baik di perguruan tinggi atau saat Anda bekerja. Karena walaupun menurut beberapa orang pekerjaan jauh lebih menguntungkan daripada kuliah, Anda harus menjaga kinerja Anda selama kuliah. Selain memperkaya diri dengan ilmu yang sedang Anda kerjakan, Anda harus ingat jika Anda juga memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikan kuliah Anda. Jadi Anda harus menjaga kinerja Anda sambil belajar bahkan jika Anda sedang bekerja.

Dengan menjaga kinerja Anda di perguruan tinggi, bukan berarti Anda perusahaan tempat Anda bekerja memahami apakah kinerja kerja Anda tidak baik. Jadi dibutuhkan ketekunan dan niat dalam menjalankan kuliah saat bekerja. Anda harus menunjukkan kinerja Anda saat bekerja juga, sehingga bos Anda dapat yakin jika Anda memiliki kemampuan yang sama dengan profesional lainnya. Jika Anda dapat membuat atasan Anda melihat kinerja Anda dengan baik di tempat kerja, Anda dapat meyakinkan dia untuk memberi Anda beberapa kompensasi seperti menyesuaikan jadwal kerja Anda, fleksibilitas kerja, dan beasiswa untuk kuliah Anda.

Menjaga diri tetap produktif

Dengan kuliah sambil bekerja, tentu saja waktu Anda untuk melakukan hal-hal seperti belajar, mengembangkan diri, melakukan hobi akan menjadi kurang. Jadi, Anda harus pandai menggunakan waktu luang Anda untuk tetap produktif. Misalnya setelah kuliah Anda dapat mempersiapkan diri untuk mempelajari materi pelajaran Anda atau untuk mempersiapkan pekerjaan pada hari berikutnya. Anda juga perlu membuat jadwal harian Anda agar tidak ada yang terlupakan. Dengan membuat jadwal harian Anda juga dapat mengatur waktu Anda secara efisien.

Hindari procastination, karena akan membuat Anda merasa 24 jam sehari tidak cukup. Dengan itu Anda perlu menjaga semangat Anda agar Anda tidak menunda pekerjaan yang ada. Atau Anda dapat menggunakan waktu luang Anda untuk melipatgandakan jam tidur Anda, tetapi Anda juga perlu memperhatikan kewajiban Anda sehingga Anda tidak menghabiskan terlalu banyak waktu luang untuk beristirahat walaupun istirahat adalah hal yang baik.

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik Dan Benar

Banyak hal yang benar-benar bermanfaat jika Anda mencoba kuliah sambil bekerja. Dengan kuliah saat Anda bekerja, Anda dapat memperoleh lebih banyak pengalaman daripada teman-teman Anda yang hanya fokus pada kuliah atau bekerja. Anda akan memiliki startup karir yang lebih cepat daripada teman yang fokus pada kuliah Anda. Atau Anda akan memiliki lebih banyak pengetahuan daripada teman-teman Anda yang memilih bekerja dan tidak kuliah.

Meskipun ada banyak pro dan kontra, kuliah di tempat kerja tidak mustahil bagi Anda untuk mencoba. Anda hanya perlu memiliki niat dan ketekunan yang besar untuk menjalankan keduanya sekaligus.

Tinggalkan Balasan