Pengaruh KB Suntik 3 Bulan Terhadap Hubungan Seksual

  • Bagikan
Efek Samping KB Suntik
Efek Samping KB Suntik

ANTERO NEWS – KB suntik 3 bulan berisi hormon progesteron yang bersifat mengentalkan lendir di mulut rahim sehingga menghalangi sperma masuk ke dalam rahim untuk melakukan pembuahan.

Di samping itu, metode kontrasepsi ini juga menghentikan pelepasan sel telur (ovulasi), serta membuat lapisan rahim menjadi lebih tipis. Bila digunakan secara tepat, KB suntik 3 bulan memiliki efektivitas hingga 99%.

Banyak yang merasa memakai KB suntik 3 bulanan ada pengaruhnya terhadap penurunan gairah seks

Setiap metode kontrasepsi ada efek sampingnya. Maka harus dipilih yang efek sampingnya minimal. Termasuk, KB suntik 3 bulanan, bisa berefek samping: penurunan libido (hasrat seksual), peningkatan tekanan darah, berat badan bertambah.

Beberapa Efek Samping KB Suntik 3 Bulan yang Mungkin Ditimbulkan :

  • perdarahan tidak teratur hingga tidak menstruasi
  • pertambahan berat badan
  • perubahan suasana hati
  • sakit kepala
  • nyeri payudara
  • penurunan kepadatan mineral tulang (akan kembali normal setelah penghentian suntikan)
    proses kembalinya kesuburan sekitar 3-6 bulan, bahkan terkadang mencapai setahun
  • menurunakan gairah seksual

Umumnya, efek samping di atas tidak memerlukan penanganan khusus dan akan segera tertangani setelah menghentikan metode kontrasepsi ini.

Bila kondisi ini terasa sangat mengganggu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan. Dokter akan memastikan penyebab keluhan Anda di atas, termasuk kemungkinan mengalami penyakit menular seksual mengingat KB suntik 3 bulan tidak melindungi dari penyakit-penyakit ini. Alternatif lain yang bisa diterapkan adalah mengganti jenis kontrasepsi, misalnya dengan pil KB atau spriral non-hormon.

Bisakah langsung hamil setelah lepas kb suntik 3 bulan?

Cara cepat hamil setelah lepas KB suntik 3 bulan sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan jenis kontrasepsi lainnya. Berikut penjelasannya untuk Anda.

Jika metode kontrasepsi yang Anda gunakan adalah kondom atau diafragma, maka kehamilan bisa langsung terjadi segera setelah alat tersebut dilepas. Namun untuk metode KB suntik 3 bulan, waktu yang dibutuhkan untuk bisa hamil lagi setelah dilepas, jauh lebih lama.Berikut ini waktu yang diperlukan untuk bisa hamil lagi setelah Anda lepas KB.

• KB suntik 3 bulan

KB suntik 3 bulan, bisa dibilang sebagai salah satu kontrasepsi paling efektif. Sebab setelah lepas KB ini pun, Anda masih membutuhkan waktu cukup lama untuk bisa hamil.Kebanyakan wanita membutuhkan waktu hingga 10 bulan hingga proses ovulasi atau pelepasan sel telur yang sudah matang ke rahim, bisa kembali terjadi.Sementara itu, beberapa perempuan lain ada yang membutuhkan waktu hingga 18 bulan setelah lepas KB suntik, untuk bisa kembali menstruasi.Oleh karena itu, jika Anda saat ini menggunakan kontrasepsi metode KB suntik 3 bulan, sebaiknya rencanakan dari jauh hari jika memang ingin mulai mencoba punya momongan.Karena alasan inilah biasanya dokter tidak menyarankan penggunaan KB suntik untuk para ibu yang berencana hamil dalam waktu satu tahun ke depan.

• KB Spiral atau IUD

KB Spiral atau IUD adalah alat KB jangka panjang yang jadi pilihan banyak orang. Sebab, begitu dipasang, KB spiral hormonal bisa bertahan hingga 5 tahun dan KB spiral tembaga bisa bertahan hingga 10 tahun.Meski begitu, berbeda dari KB suntik, Anda tidak butuh waktu lama setelah lepas IUD untuk kembali subur. Biasanya, perempuan yang melepas IUD sudah akan kembali mengalami ovulasi di bulan yang sama dengan waktu pelepasan.Rata-rata perempuan membutuhkan waktu enam bulan hingga satu tahun setelah IUD dilepas, untuk mengalami kehamilan.

• Pil KB

Apabila metode kontrasepsi yang digunakan adalah pil KB, maka kehamilan biasanya akan terjadi 1-3 bulan setelah Anda berhenti mengonsumsinya. Rata-rata, para perempuan yang sudah berhenti minum pil KB bisa hamil pada tahun yang sama.Namun jika pil yang Anda konsumsi adalah minipil atau yang hanya mengandung hormon progestin, maka kehamilan bisa terjadi jauh lebih cepat (dalam hitungan hari atau minggu) setelah berhenti mengonsumsinya.

• KB implan

Pemasangan KB implan atau KB susuk bisa mencegah kehamilan hingga tiga tahun setelahnya. Namun jika sebelum tiga tahun Anda sudah ingin merencanakan punya momongan, maka KB impan bisa dilepas kapan saja.Setelah lepas KB implan, biasanya tidak ada jeda waktu yang terlalu lama hingga Anda bisa hamil. Biasanya, perempuan yang melepas KB implan, sudah bisa kembali mengalami ovulasi pada bulan pertama.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan