Dukung Petani, Banten Beri Bantuan Benih dan Pupuk untuk Tanam Padi

Dukung Petani, Banten Beri Bantuan Benih dan Pupuk untuk Tanam Padi

ANTERO NEWS – Provinsi Banten akan memanfaatkan mulainya turunnya hujan di sejumlah wilayah untuk mempercepat masa tanam padi. Hal ini bertujuan untuk mencapai target produksi padi sebesar 101.477 ton gabah kering giling (GKG) atau 64.164 ton beras pada bulan November 2023.

Menurut Dinas Pertanian Provinsi Banten, luas panen padi pada bulan November ini mencapai 19.132 hektare (ha), yang tersebar di empat kabupaten, yaitu Serang, Pandeglang, Lebak dan Tangerang. Sementara itu, target tanam padi untuk bulan November sebesar 34.562 ha, dan untuk bulan Desember sebesar 44.429 ha.

Untuk mendukung capaian target panen dan percepatan tanam padi, Pemerintah Provinsi Banten telah memberikan bantuan berupa benih dan pupuk kepada petani. Bantuan benih padi telah disalurkan sejak September 2023, sebagai bagian dari Target Gerakan Nasional Antisipasi Elnino. Total bantuan benih padi sampai dengan bulan November ini mencapai 46.181 ha.

Realisasi tanam padi dalam rangka Gerakan Nasional El Nino sampai dengan 3 November 2023 mencapai 36.463 ha, atau sekitar 79 persen dari target. Pemerintah Provinsi Banten berharap, dengan adanya bantuan-bantuan tersebut, petani dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan mereka.

Tinggalkan Balasan