Lebak  

DPUPR Lebak Gelar Rapat Pra Konstruksi untuk Pembangunan Jalan Poros Desa

DPUPR Lebak Gelar Rapat Pra Konstruksi untuk Pembangunan Jalan Poros Desa

ANTERO LEBAK – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Lebak menggelar Rapat Pra Konstruksi (Pre-Construction Meeting) di Gedung Aula DPUPR Lebak. Kabid Bina Marga DPUPR Lebak, Hamdan, menjelaskan bahwa sebelum memulai pembangunan fisik, pihaknya telah mengumpulkan para pemenang kontrak pembangunan jalan poros desa.

Rapat Pra Konstruksi ini bertujuan memberikan arahan kepada rekanan dan pengawas terkait lingkup pekerjaan yang akan dilaksanakan. “Kami ingin memastikan semua persiapan berjalan dengan baik,” ujar Hamdan saat diwawancarai oleh wartawan di ruang kerjanya pada Rabu (27/9/2023).

Pembangunan jalan poros desa akan melibatkan 66 paket kegiatan yang tersebar di 28 kecamatan Kabupaten Lebak. Setiap kecamatan atau Daerah Pemilihan (Dapil) akan memiliki proyek pembangunan jalan desa dengan panjang beragam, termasuk yang berjarak 200 meter, 300 meter, dan 500 meter, bergantung pada usulan awal.

Hamdan juga menjelaskan bahwa jalan poros desa ini merupakan bagian dari aspirasi anggota legislatif DPRD Lebak. Proyek ini akan memakan anggaran sebesar Rp 32 miliar yang bersumber dari APBD Kabupaten Lebak tahun 2023.

“Pemantauan terhadap kualitas pembangunan jalan poros desa akan dilakukan secara ketat untuk memastikan keberhasilan proyek ini. Ada dua jenis kegiatan yang akan dilakukan, yaitu pembangunan jalan hotmix dan rabat beton,” tambahnya.

Salah satu pemenang kontrak pembangunan jalan poros desa, CV. Restu Sadaya, yang diwakili oleh Pudin, menyatakan kebahagiannya. Pudin berhasil memenangkan kontrak untuk membangun jalan poros desa di Jalan Leuwilalay, Desa Pasirkupa, Kecamatan Kalanganyar.

“Panjang jalan yang akan dibangun sekitar 450 meter, dengan jenis pekerjaan hotmix ACWC. Selain itu, kami juga akan membangun sistem drainase sebagai penunjang,” ungkap Pudin melalui telepon selulernya.

Penunjang drainase ini sangat penting untuk menjaga struktur jalan agar tetap kuat dan tahan lama. Pudin berharap bahwa setelah pembangunan selesai, masyarakat akan merawat jalan poros desa ini dengan baik agar dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Pembangunan jalan poros desa ini diharapkan akan mempermudah akses ekonomi bagi warga setempat dan meningkatkan kualitas infrastruktur di Kabupaten Lebak.

Tinggalkan Balasan