Cara Menggunakan Minoxidil dan Biotin untuk brewok

  • Bagikan
cara menggunakan minoxidil untuk brewok
cara menggunakan minoxidil untuk brewok

ANTERO NEWS – Minoxidil (minoksidil) termasuk ke dalam golongan vasodilator, yaitu obat yang berfungsi melebarkan pembuluh darah agar aliran darah menjadi lancar. Obat ini tersedia dalam bentuk cairan obat luar yang dioleskan ke kulit.Minoxidil adalah obat untuk merangsang pertumbuhan rambut dan jenggot. Obat ini digunakan dengan cara dioleskan ke kulit kepala yang mengalami kebotakan.

Meski lebih sering digunakan untuk menumbuhkan rambut di kepala, minoksidil dapat dimanfaatkan sebagai penumbuh jenggot dan kumis, tapi harus disertai dengan petunjuk dokter.

Merek dagang minoxidil: Regrou, Regrou Forte, Hage, Eminox, Aloxid

Apa Itu Minoxidil?

Golongan Vasodilator
Kategori Obat resep
Manfaat Merangsang pertumbuhan rambut.
Digunakan oleh Dewasa
Minoxidil untuk ibu hamil dan menyusui Kategori C: Studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping terhadap janin, namun belum ada studi terkontrol pada wanita hamil. Obat hanya boleh digunakan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.
Belum diketahui apakah minoksidil dapat terserap ke dalam ASI atau tidak. Bila Anda sedang menyusui, jangan menggunakan obat ini tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.
Bentuk obat Cairan obat luar

Efek samping penggunaan minoxidil

Sama seperti obat lainnya, minoxidil juga memiliki efek samping yang mungkin terjadi. Kondisi yang paling umum terjadi adalah perubahan pada warna dan tekstur rambut. Bagi sebagian orang, obat ini bisa menyebabkan alergi dengan gejala sebagai berikut:

  • Bentol-bentol
  • Susah bernapas
  • Pembengkakan di wajah, bibir, lidah, dan tenggorokan

Timbulnya risiko serius setelah penggunaan minoxidil secara topikal, jarang terjadi. Namun, jika obat ini sampai masuk ke aliran darah, maka efek samping yang parah bisa terjadi. Segera hubungi dokter apabila Anda mengalami efek samping di bawah ini setelah menggunakan minoxidil:

  • Iritasi kulit kepala yang parah
  • Pertumbuhan yang tidak diinginkan di wajah
  • Nyeri dada
  • Peningkatan detak jantung
  • Pembengkakan di kaki dan tangan
  • Kenaikan berat badan secara signifikan
  • Rasa ingin pingsan
  • Pusing
  • Kulit kemerahan, hangat dan terasa sedikit nyeri

Minoxidil adalah obat yang bisa dibeli secara bebas. Meski begitu, bukan berarti efek samping dan risiko lainnya dapat dianggap remeh. Ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan obat ini.

Dosis dan Aturan Pakai Minoxidil

Dosis minoksidil tergantung pada jenis kelamin penggunanya. Berikut adalah dosis minoxidil untuk mengatasi kebotakan berdasarkan jenis kelamin:

  • Pria: Minoxidil 2% atau 5%. Oleskan 1 ml ke kulit kepala yang botak sebanyak 2 kali sehari.
  • Wanita: Minoxidil 2%. Oleskan 1 ml ke kulit kepala yang botak sebanyak 2 kali sehari.

Cara Menggunakan Minoxidil dengan Benar

Gunakan minoxidil sesuai petunjuk pada kemasan obat, atau sesuai dosis dan anjuran dari dokter. Penggunaan minoxidil melebihi dosis yang dianjurkan tidak akan membuat rambut lebih cepat tumbuh, tetapi justru dapat meningkatkan risiko terjadinya efek samping.

Ikuti langkah-langkah berikut ini dalam menggunakan minoxidil:

  • Pastikan kulit kepala dan rambut bersih dan kering sebelum menggunakan minoxidil.
  • Oleskan minoxidil pada kulit kepala yang botak mulai dari bagian tengah.
  • Jangan keramas setidaknya sampai 4 jam setelah menggunakan minoxidil.
  • Jangan mengeringkan bagian kulit kepala yang diolesi minoxidil dengan pengering rambut. Biarkan kering dengan sendirinya.
  • Jangan menutup kulit kepala yang sudah diolesi minoxidil dengan perban atau plester. Biarkan kepala dalam kondisi terbuka.
  • Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan setelah menggunakan minoxidil.

Simpan minoxidil dalam suhu ruangan, serta jauhkan dari panas dan api karena obat ini mudah terbakar.

Gunakan minoxidil pada pagi dan malam hari. Bila lupa, segera lakukan jika jeda dengan jadwal penggunaan berikutnya belum terlalu dekat. Jika sudah dekat, abaikan dan jangan menggandakan dosis.

Hasil pemakaian minoxidil 1 bulan Pada Brewok

Keampuhan minoxidil dalam menumbuhkan rambut tidak perlu dipertanyakan. Namun, butuh kesabaran dan konsistensi pemakaian supaya membuah hasil yang diharapkan.

Perlu disadari, fase anagen biasanya terjadi selama tiga hingga tujuh tahun. Namun, minoxidil mampu mempercepat kehadiran fase tersebut. Meski begitu, waktu percepatan tetap dalam hitungan bulan.

Biasanya minoxidil akan memperlihatkan hasil setelah enam bulan pemakaian. Pada kasus tertentu, hasilnya sudah sejak tiga bulan. Namun, kebanyakan kemajuan yang diperoleh belum signifikan.

Secara umum, perkembangan mulai terlihat sesudah memasuki bulan keempat pemakaian. Saat itu, sekitar 26% pemakainya merasakan pertumbuhan rambut baru dalam skala moderat atau tinggi. Namun, semua tergantung ke kondisi setiap orang yang berbeda-beda.

Singkat kata, kesabaran dan konsistensi menjadi kunci pemakaian minoxidil. Mungkin hasilnya tidak terlihat dalam tiga bulan hingga enam bulan pertama. Tapi, pada akhirnya buahnya akan dinikmati. Jika mau terus memakainya, kerontokan rambut akan berkurang. Sebagai gantinya, rambut akan tumbuh dengan baik.

Pertanyaan dan Jawaban seputar Minoxidil & Biotin

Untuk penderita darah rendah alias Anemia, tidak dianjurkan ya !
baca sampai habis biar paham apa itu minoxidil dan biotin .

Minox dan Biotin itu apa ?

Minox itu adalah obat olesnya gan sedangkan kalo biotin itu vitamin nya yang dapat diminum 1x sehari.

Cara pemakaian minox  dan biotin ?

Cara pakai minoxidil cukup mudah, cukup ambil maksimal setiap kali oles itu 1 ml ya ( saya sendiri pake pipet biar ga kebanyakan ) usapkan rata ke bagian yg ingin ditumbuhi bulu bro, misal daerah jambang, janggut , kumis . usapkan rata dan harus sampai basah ya .

Setelah itu cukup diamkan 3-4 jam , alias jangan di cuci muka dulu bro, jadi ga boleh ngelakuin kegiatan yang bisa bikin keringetan karena nanti percuma minox nya tidak terserap dengan sempurna.

Minoxidil itu dipake nya sehari 2x ya pagi atau malam , jangan berlebihan juga karena dalam kemasan sudah tertulis bahwa maksimal sehari itu 2 ml ( pagi dan malam 1 ml ).

minoxidil itu bentuknya cairan ya bro bukan minyak.

Pemakaian minoxidil ini harus rutin bro jgn sampai ke putus2, minimal kalo gak bisa 2x sehari ya sekali sehari juga gpp yang penting konsisten ngolesnya bro. kalo biotin ini vitamin ya inget bukan obat , vitamin B7 lebih jelasnya, di minumnya sehari sekali , udah cukup sehari sekali aja jgn berlebihan karena sesuatu yg berlebihan itu gak baik dan di dalam kemasan tersendiri sudah di tuliskan bahwa biotin maksimal 1tablet 1x sehari, di minum setelah sarapan pagi atau intinya setelah makan.

Efek samping minox dan biotin ?

Minoxidil efek sampingnya yaitu bikin kulit kering bro dan ada rasa panas2 gitu, tapi itu normal karena kulit kita itu lagi menyesuaikan dulu. kalo biotin aman bro, karena biotin ini vitamin B7 bukan obat, bagus untuk di konsumsi. minoxidil dan biotin approved by FDA (BPOM nya internasional) dan kedua nya pun merk established (Kirkland dan Natrol). Kedua nya di impor dari USA.

Kalo gak ada gen / garis keturunan brewok apa bisa tumbuh ?

Bisa banget bro, saya sendiri buktinya. di keluarga saya ga ada yg brewok, dan saya penasaran ingin brewok dari awalnya wajah saya mulus kaya pantat bayi , 3 bulan kemudian setelah pakai minox dan biotin wajah saya brewok . tiap orang beda2 sih bro, ada progresnya yg cepet 1-2 bulan sudah brewok ada juga yang lama.

Jadi intinya harus konsisten ngoles dan minum biotinnya. dalam pemakaian 1-2 bulan pasti udah keliatan bulu-bulu halus .

Banyak yang sukses permanen ?

coba tengok youtube gan kalo masih gak percaya sama minoxidil dan biotin, udah ada banyak orang yg ngereview hasil dari pemakaian minox dan biotin ini, dan hasilnya JOOSSS BREWOKAN !.

Bro kalo misalnya pake minoxidil doang gimana, bakal tetep tumbuh gak ?

Tetep bisa, brewok akan tetap tumbuh walau pertumbuhannya tidak secepat dan semaksimal jika dibandingan dengan dibarengi biotin.

Jadi gini, minoxidil ini obat utamanya ( WAJIB ) nah kalo biotin sebagai pendukung aja. dalam sebulan juga bakal tumbuh bulu-bulu halus . tapi kalo bro masih belum ada duit lebih yaudah pakai minoxidil dulu sambil ngumpulin buat beli biotin, karena biotin ini sangat membantu sekali untuk pertumbuhan brewok.

Harga Minoxidil dan Biotin berapa ?

Minoxidil Kirkland harganya 125.000 untuk pemakaian selama 4-6 minggu. sedangkan untuk Biotin Natrol 10,000 Mcg harganya 200rb isi 100 butir bisa untuk 100 hari .

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan