Cara Menambahkan Font di Canva

  • Bagikan
Apa itu Cookie? Cara Kerjanya dan Cara Agar Tetap Aman
Apa itu Cookie? Cara Kerjanya dan Cara Agar Tetap Aman

Bagaimana menambahkan font di Canva? Dalam hal mendesain, font bisa menjadi pengubah permainan yang nyata. Canva menyadari hal itu dan menawarkan berbagai font default. Namun, font yang tersedia di Canva tidak luas. Jadi, bagaimana jika Anda menginginkan font yang tidak tersedia? Untungnya, Anda tidak perlu khawatir tentang desain lagi karena Canva memungkinkan pengguna mengirimkan font mereka sendiri! Artikel ini akan memandu Anda dalam mengunggah font ke Canva dari perangkat yang berbeda.

Cara Mengunggah Font ke Canva Dari PC

Sebelum Anda dapat mengunggah font, ada beberapa hal yang perlu disebutkan. Akun Canva Pro, Canva Education, Canva Enterprise, dan Canva untuk Nirlaba dapat mengunggah font. Pengguna Canva versi gratis terbatas pada font yang tersedia di aplikasi.

Saat ini, biayanya $12,99 per bulan atau $9,99 per tahun untuk berpindah dari Canva versi gratis ke versi Pro. Uji coba gratis akun Pro Canva selama 30 hari juga tersedia bagi siapa saja yang tidak yakin untuk membelinya.

Menambahkan font ke Canva mengharuskan Anda memiliki izin yang tepat untuk melakukannya. Dengan kata lain, Anda memiliki pilihan untuk menggunakan font yang tersedia secara bebas atau berlisensi komersial. Selain itu, Canva membatasi penambahan font hingga 100 per akun.

Jika Anda memiliki akun yang mendukung pengunggahan font, Anda harus terlebih dahulu mendapatkan font yang Anda inginkan di PC Anda. Anda dapat melakukannya dengan mengunduh font. Berikut caranya:

Google Font

Google Font adalah opsi yang bagus untuk mendapatkan font untuk desain Canva Anda.

  1. Buka situs web Google Font .
  2. Untuk mempersempit pencarian Anda, gunakan kategori dan opsi yang muncul saat Anda membuka situs.
  3. Kotak hitam kecil akan muncul di bagian bawah layar Anda yang bertuliskan “1 Family Selected” setelah Anda memilih font
  4. Klik tombol unduh.

Font Anda akan diunduh dalam format Zip. Anda hanya perlu membuka ritsletingnya sebelum mengunggah font ke Canva.

Pasar Kreatif

Pasar Kreatif juga merupakan sumber yang bagus untuk mendapatkan font yang Anda inginkan. Ini juga cukup sederhana untuk mengunduh font yang Anda inginkan.

  1. Buka situs web Pasar Kreatif .
  2. Masuk atau buat akun.
  3. Pilih font.
  4. Klik tombol unduh.

Sekarang Anda memiliki akun Canva yang diperlukan dan font yang Anda inginkan, sekarang saatnya untuk mengunggahnya ke Canva. Ikuti langkah ini:

  1. Buka Canva.
  2. Pilih “Merek” dari bilah sisi di beranda. Untuk pengguna Canva for Enterprise, klik nama perusahaan Anda di sidebar, lalu pilih opsi “Brand Kits” terlebih dahulu. Pilih Kit Merek mana yang akan dipersonalisasi jika Anda memiliki beberapa Kit.
  3. Klik “Unggah Font” di bawah “Font Merek.” Canva menerima format file OTF, TTF, dan WOFF.
  4. Anda akan ditanya apakah Anda memiliki lisensi atau izin yang diperlukan untuk menggunakan font. Untuk mengonfirmasi bahwa Anda telah melakukannya, klik “Ya, unggah!”
  5. Anda akan ditanya apakah Anda memiliki lisensi atau izin yang diperlukan untuk menggunakan font. Untuk mengonfirmasi bahwa Anda telah melakukannya, klik “Ya, unggah!”
  6. Tunggu hingga pengunggahan selesai. Pemberitahuan pop-up akan menunjukkan apakah itu berhasil atau tidak.

Font yang diunggah akan berada di bagian atas daftar font saat Anda menambahkan teks ke desain Anda.

Cara Mengunggah Font ke Canva Dari Perangkat Seluler

Meskipun aplikasi seluler untuk Canva memiliki banyak opsi, tetap saja tidak mungkin untuk mengunggah font melalui aplikasi. Namun, Anda masih dapat mengunggah ke aplikasi dengan mengakses Canva melalui browser web di ponsel Anda. Untuk saat ini, ini adalah satu-satunya pilihan. Langkah-langkahnya mirip dengan mengunggah font ke Canva dari PC:

  1. Luncurkan Canva di browser web Anda.
  2. Pilih “Brand Kit” dari sidebar beranda. Untuk pelanggan Canva for Enterprise, klik nama perusahaan Anda di bar samping, lalu pilih “Kit Merek”. Jika Anda memiliki beberapa Kit Merek, pilih yang mana untuk disesuaikan.
  3. Di bawah “Font Merek”, klik “Unggah Font”.
  4. Pilih font untuk diunggah dan klik opsi “Buka”.
  5. Anda akan diminta untuk mengonfirmasi bahwa Anda memiliki lisensi atau izin yang relevan untuk menggunakan font tersebut. Klik “Ya, unggah!” untuk menunjukkan bahwa Anda memiliki.
  6. Tunggu hingga pengunggahan selesai. Jika berhasil, akan muncul pesan pop-up.

Ketika datang untuk mendapatkan font di perangkat seluler Anda, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Anda dapat mengunduh font ke PC Anda seperti dijelaskan di atas dan kemudian mentransfer file ke perangkat seluler Anda. Ini dapat dilakukan menggunakan Wi-Fi, Bluetooth, atau kabel USB.

Pilihan lain adalah pergi ke Google Play Store dan mengunduh aplikasi dengan font. Hanya perlu diingat persyaratan font. Atau, Anda dapat mengakses Google Fonts atau Creative Market dari browser web di perangkat seluler Anda.

Cara Mengunggah Font ke Canva Dari iPad

Kendala yang sama ada untuk pengguna iPad seperti untuk pengguna ponsel. Anda harus masuk ke Canva dari browser web untuk mengunggah font. Langkah-langkahnya mirip dengan mengunggah font dari perangkat seluler.

  1. Buka Canva di browser Anda.
  2. Dari bilah sisi beranda, pilih “Brand Kit”. Klik nama perusahaan Anda di sidebar, lalu pilih “Brand Kits” untuk klien Canva for Enterprise. Pilih Kit Merek mana yang akan dipersonalisasi jika Anda memiliki lebih dari satu.
  3. Klik “Unggah Font” di bawah “Font Merek.”
  4. Pilih font yang akan diunggah dan tekan tombol “Buka”.
  5. Anda akan diminta untuk mengonfirmasi bahwa Anda memiliki lisensi atau izin yang diperlukan untuk menggunakan font tersebut. Untuk menunjukkan bahwa Anda memilikinya, klik “Ya, unggah!”
  6. Tunggu hingga pengunggahan selesai. Pemberitahuan pop-up akan menunjukkan apakah itu berhasil.

FAQ tambahan

Berikut adalah jawaban atas pertanyaan lain yang mungkin Anda miliki tentang Canva.

Mengapa Saya Tidak Dapat Mengunggah Font Saya ke Canva?

Mungkin ada beberapa alasan font Anda tidak diunggah atau menyebabkan masalah saat digunakan. Pertama, periksa apakah font Anda dalam format OTF, TTF, atau WOFF. Format lain tidak didukung. Juga, font harus dilisensikan untuk disematkan. Hubungi sumber font jika Anda tidak yakin atau perlu mendapatkan lisensi atau versi file yang relevan.

Jika file dan izin Anda keluar, mungkin file tersebut tidak terbaca atau rusak. Sebagai gantinya, temukan salinan font baru dan unggah. Ada juga kemungkinan font tidak kompatibel dengan Canva. Sebuah font dapat diunggah dengan benar namun menghasilkan masalah saat digunakan dalam desain. Kesalahan mungkin muncul sebagai huruf yang hilang, atau font muncul berbeda saat diunduh. Temukan font alternatif untuk diunggah untuk mengatasi ini.

Apakah saya memerlukan Keanggotaan Pro untuk mengunggah font ke Canva?

Ya. Canva menawarkan banyak fungsi bagi pengguna yang belum siap membayar keanggotaan Pro. Namun, Anda memerlukan keanggotaan Pro untuk mengunggah font Anda sendiri.

Jika Anda belum siap untuk berlangganan, Canva menawarkan banyak font gratis.

Gunakan Font yang Anda Inginkan

Sekarang Anda tidak perlu membatasi pilihan teks saat menggunakan Canva. Jika Anda menggunakan akun gratis dan tidak yakin tentang peningkatan, manfaatkan uji coba 30 hari. Setelah 30 hari, Anda dapat memutuskan apakah akan melanjutkan dan membayar akun premium. Font yang Anda tambahkan dalam 30 hari akan tetap ada untuk Anda gunakan dengan akun premium.

Apa font favoritmu? Apakah menurut Anda Canva memiliki cukup font untuk dipilih? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan