Cara Memerahkan Wajah Ayam Bangkok yang Pucat

  • Bagikan
Cara Memerahkan Ayam Jago
Cara Memerahkan Ayam Jago

ANTERO NEWS – Muka ayam pucat dan stamina kurang fit, nafas pendek dan cepat ngos-ngosan, ngorok itu banyak menjadi keluhan para botoh banyak cara untuk memerahkan ayam salah satunya jamu herbal untuk ayam yang sudah di percaya turun temurun yaitu

  • Malam ke-1 berikan jahe 2 ruas jari + temulawak 1 jari
  • Malam ke-2 berikan 1/2 tomat + gula merah murni sebesar ibu jari, dan dilanjutkan tiap malam hari.
  • Biasanya hari ke-3 uda merah wajahnya.

Ayam laga yang sehat akan mempunyai wajah yang berwarna kemerahan. Ciri ayam laga yang mempunyai kondisi fisik yang sehat, salah satunya mempunyai warna kulit merah merona. Hal ini menandakan sirkulasi darah di dalam tubuh berjalan dengan baik. Warna merah kulit juga dapat menandakan bahwa ayam tersebut sudah siap diadu.

Salah satu yang dapat menyebabkan pucat dan sering terjadi adalah kekurangan sel darah merah. Sel darah merah mempunyai fungsi yang sangat penting untuk mendistribusikan oksigen dan makanan ke seluruh tubuh. Saat kekurangan sel darah merah maka ayam akan nampak pucat terutama pada bagian wajah.

Cara Memerahkan Ayam Jago

Kondisi ayam pucat ini tentu akan merugikan karena berkaitan dengan gairah dan keganasan saat bertanding. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menangani ayam laga dengan gejala pucat dan lesu tersebut antara lain:

Membiarkan ayam bergerak bebas dengan memberikan waktu untuk diumbar. Mengumbar ayam dapat dilakukan setelah latihan ringan.

Memberikan pakan berkualitas dengan kandungan nutrisi sesuai kebutuhan ayam laga. Pada ayam kecil dapat diberikan sekitar 40 gram hingga ayam dewasa dengan bobot 3 kg diberikan sekitar 130 gram – 150 gram setiap harinya.

Pada saat kondisi sedang lesu terkadang ayam sulit untuk makan sehingga lama kelamaan ayam menjadi kurus. Hal ini perlu diperhatikan karena dapat berakibat fatal pada ayam laga. Pakan harus tetap diupayakan masuk ke tubuh ayam misalnya dengan dibantu dicekokkan baik manual atau dengan alat bantu agar tetap ada nutrisi yang masuk ke tubuh ayam.

Untuk sementara dijauhkan terlebih dahulu dari panas matahari yang sangat terik atau berjemur cukup dilakukan sampai jam 10 kemudian diberikan tempat yang teduh.

Berikan obat cacing secara rutin setiap 2 bulan untuk ayam laga. Untuk membunuh cacing didalam tubuh.

Berikan suplement untuk meningkatkan kualitas darah dan performa seperti mengembalikan sirkulasi darah sehingga tubuh ayam menjadi segar dan merah, dapat meningkatkan ikatan oksigen pada molekul hemoglobin dalam sel darah merah sehingga suplay oksigen dan aliran darah ke jaringan-jaringan tubuh semakin baik, menghasilkan energi.

Berikan jamu tradisional

Pemberian jamu kepada ayam sudah dilakukan sejak zaman dahulu, dan dipercaya dapat membangkitkan kekuatan ayam aduan. Beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk membuat jamu diantaranya:

  • Jahe
  • Kunyit
  • Lengkuas
  • Gula Merah
  • Madu
  • Telur

Pemberian jamu, Setelah beberapa bahan dicampurkan dan dibuat ramuan, maka bisa diberikan setiap hari sesuai dengan dosis. Peran dari jamu ini sangat efektif menjaga kesehatan ayam dan mencegah ayam terserang penyakit.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan