Cara Membuat Power Bank Dari Baterai bekas

Cara Membuat Powerbank dari Batrei Bekas Laptop – Powerbank berasal dari bahasa Inggris yang artinya adalah “penyimpan tenaga”. Powerbank merupakan sebuah alat yang kecil yang praktis dan mudah di bawa kemana-mana, powerbank ini sendiri mempunyai fungsi untuk men-charge kembali ponsel atau gadget smartphone memiliki kapasitas baterai yang kecil sehingga tidak mampu untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Cara Membuat Power Bank Dari Baterai bekas

Powerbank, yang sekarang banyak dijumpai dan dijual di toko gadget untuk mendukung smartphone. namun untuk harga nya lumayan masih mahal, namun bagi kita yang cukup kratif bisa membuatnya sendiri dengan modal dan komponen yang mudah didapat.
Cara Membuat Power Bank Dari Baterai  bekas

Berikut adalah ilustrasi merakit powerbank :

1. T = 7806 / 7805
2. Resistor = 4K7
3. Tombol on/off
4. Led warna bebas (untuk indikator saat powerbank dinyalakan)
5. Baterai AA RECHARGER daya input antara 6-9volt

Proses perakitannya mudah bukan?, skema dasarnya sesuai dengan gambar diatas.
jangan terbalik memasang kaki Transistor kaki ditengah menempel di baterai min, sebagai kutub negatif

kaki transistor samping kanan dan kiri adalah kaki input dan output kutub positifuntuk mengecas kembali baterai yang sudah habis terpakai bisa kita gunakan charger hp bekas apa saja. posisikan tombol pada posisi off kemudian sambungkan konektor baterai tamiya langsung ke colokan charger hp bekas.

atau dengan cara lepaskan baterai dengan komponen (ambl baterainya saja kemudian sambungkan masing masing kutub baterai dengan charger hp bekas (charger hp bawaan asli)

Bagaimana guys, apakah kalian tertarik untuk memilikinya?
Baca Juga : Cara Membuat Perangkap Nyamuk Dari Botol Bekas