Cara Membuat Kerupuk Rengginang

oleh
Cara Membuat Kerupuk Rengginang
Cara Membuat Kerupuk Rengginang

Cara Membuat Kerupuk Rengginang – Pernahkah Anda mencicipi rengginang? Camilan tradisional Indonesia yang memiliki rasa gurih dan renyah. Orang Jawa menyebut camilan ini sebagai krupuk rengginang. Rasa renyah dan gurih berpadu sempurna, menghasilkan rasa nikmat yang tak tertandingi.

Baca juga: Resep Membuat Kue Pukis Kukus Enak Rasanya

Rengginang sudah ada sejak dahulu kala, orang-orang kuno makan rengginang sebagai teman makan. Namun kini rengginang lebih banyak dimakan sebagai camilan, apalagi dengan makanan tradisional lainnya seperti opak.

Seiring dengan perkembangan zaman, di era modern saat ini untuk menemukan rengginang sudah sangat sulit, terutama di daerah perkotaan. Biasanya rengginang hanya dapat ditemukan dalam acara-acara perayaan seperti sunat, pernikahan, dan sejenisnya.

Berkurangnya minat masyarakat terhadap kerupuk rengginang terjadi karena jajanan tradisional yang satu ini terpinggirkan oleh kedatangan camilan khas luar negeri. Padahal, jika kita tahu cara membuat rengginang, cita rasa makanan yang satu ini bisa mengalahkan camilan luar negeri yang lezat lezat.

Tentang Rengginang

Rengginang adalah makanan dalam jenis kerupuk yang terbuat dari beras atau ketan. Sebelum digoreng, bahan dikeringkan terlebih dahulu di bawah matahari agar mengeras, lalu digoreng dengan minyak panas hingga pecah sempurna.

Dalam proses pembuatannya, rengginang biasanya digoreng tanpa menggunakan bumbu masakan. Yang menarik, meski tidak menggunakan bumbu penyedap lain, rengginang masih memiliki rasa yang enak dan lezat.

Baca juga: Resep Membuat Kue Nastar Nanas Spesial Keju

Namun seiring dengan perkembangan zaman, kini rengginang sudah dimasak dengan menambahkan berbagai bumbu lezat, mulai dari rasa rengginang udang, terasi, lorjuk kerang, dan masih banyak lagi.

Bahan pembuatannya juga tidak dilekatkan ke beras dan beras ketan lagi, karena saat ini juga ada yang membuat ketan hitam dan ketela. Jika dikembangkan dengan baik, bukan tidak mungkin rengginang bisa kembali populer seperti beberapa dekade lalu.

Bahan Untuk Membuat Rengginang

Nah bagi Anda yang belum pernah mencicipi jajanan tradisional yang satu ini, kebetulan pada kesempatan kali ini anteronews.com akan berbagi cara membuat rengginang yang lezat, enak, renyah, dan pasti khas Jawa banget. Tetapi sebelum itu, harap siapkan bahan terlebih dahulu. Bahan-bahan yang Anda butuhkan meliputi:

  • Beras ketan sebanyak 250 gram, cuci bersih dan rendam beras ketan dalam air selama 1 jam
  • Garam cukup sekiranya 1 sendok teh
  • Gula pasir sekitar 1 sendok teh
  • Air sebanyak 100 ml

Bahan bumbu yang dihaluskan: 

  • Bawang putih sebanyak 2 siung
  • Terasi bakar cukup dengan 1 sendok teh

Cara Membuat Rengginang

Setelah semua bahan dikumpulkan, kita sekarang dapat mulai membuat rengginang. Langkah pertama adalah mengukus beras ketan pertama selama sekitar 15 menit, atau hingga setengah matang. Setelah selesai, sisihkan.

Dalam wadah yang berbeda, campurkan semua bumbu yang telah Anda bubur dari garam, gula pasir, dan air, kemudian aduk sampai semua bumbu dicampur secara merata. Jika sudah diaduk, rebus campuran sampai mendidih sepenuhnya.

Sekarang masukkan beras ketan ke dalam rebusan. Aduk sampai semua bumbu dicampur secara merata ke beras ketan. Setelah itu, masak beras ketan sampai bumbu mengerut dan meresap ke dalamnya.

Siapkan papan datar, lalu ambil sedikit ketan dan bentuknya sesuai selera masing-masing. Anda dapat membentuk bulat, persegi, bintang, atau bentuk lainnya. Bentuk umum rengginang itu sendiri berbentuk bulat / bundar dengan ujung terangkat ke atas.

Baca juga: Resep Cara Membuat Agar-agar Santan Enak Gurih

Tata rengginang di papan sampai rapi, lalu keringkan di bawah sinar matahari sampai kering. Jika matahari panas, Anda bisa mengeringkannya selama setengah hari. Tetapi jika matahari kurang, keringkan rengginang itu selama 1 hari penuh. Hal ini bertujuan agar rengginang kering dan renyah saat digoreng nantinya.

Saat sudah kering, siapkan wajan dengan minyak seperlunya. Dalam hal ini cobalah lebih banyak minyak yang Anda gunakan. Karena kalau terlalu sedikit nanti rengginang belum bisa matang sempurna. Panaskan minyak dulu.

Setelah cukup panas, sekarang masukkan rengginang ke dalamnya, lalu goreng sampai mekar dan matang sempurna. Lebih baik saat menggoreng menggunakan api kecil hingga sedang saja, agar matang secara merata.

Tinggalkan Balasan