Cara Ganti Kunci Kontak NMAX

  • Bagikan
Biaya Memperbaiki Motor Matic Ngebul Setelah Ganti Oli

ANTERO NEWS – Apakah NMAX pakai smart key?, Yamaha Nmax  membawa sejumlah pembaruan meliputi penyematan sistem kunci keyless (Smart Key System). Anak kunci digantikan dengan remote keyless. Fitur ini dapat ditemukan pada varian tengah dan atas yang sudah dilengkapi rem ABS (Anti-lock Braking System).

Meskipun, tak sedikit juga yang mengatakan desainnya sedikit mirip dengan Xmax 250. Yamaha Nmax 2022 disebut skutik bongsor karena dimensinya. Skutik ini memiliki panjang 1.935 mm, lebar 740 mm dan tinggi 1.160 mm

Yamaha NMAX tetap masih jadi motor yang laris manis di pasaran.

Itu yang membuat Yamaha NMAX kerap diincar maling meski kunci kontak dilengkapi penutup bermagnet.

Wajar jika pemilik Yamaha NMAX dikira maling ketika susah memasukkan kunci kontaknya.

Seperti pengakuan Buhari Halim, “Kunci kontak susah masuk, dikira maling aku.”

Pengalaman Buhari diposting di grup YAMAHA NMAX INDONESIA NMAX LOVERS.

Ternyata pengalaman Buhari dialami juga para pemilik Yamaha NMAX lain.

“Sama punya saya juga gitu. Udah saya kasih oli baru sedikit tetep begitu. Di kunci kontak sama tutup tangki bensin,” jelas Ilham Kurniawan

“Sama, tapi ane pakein WD udah bisa lagi, akibat kena air itu ujan,” bilang Rizqi Maulana Ibrahim.

Ternyata solusinya juga gampang saja, pakai oli atau WD40.

Pahami Gejala Sebelum Baterai Remote Keyless Habis

Teknologi pengaman motor zaman sekarang, sudah canggih dengan smart keys system atau keyless. Penggunaan keyless ini, wajib juga dibekali pengetahuan perawatan agar enggak repot dikemudian hari. Pasalnya, kalau baterai tiba-tiba lemah atau bahkan habis, bisa-bisa motor ogah menyala karena koneksi knob ke remote terputus.

Bayangkan, kalau sobat sedang ada di parkiran basement atau turing jauh dari toko batu baterai. Kalau kurang perhatian terhadap hal itu dan baterai sudah habis secara total, motor masih bisa menyala menggunakan kombinasi nomor ID.

Ciri Baterai Keyless Yamaha NMAX Aerox XMAX Mulai Lemah, Jangan Tunggu Sampai Mati –  Ciri Baterai Keyless Yamaha NMAX Aerox XMAX Mulai Lemah, Jangan Tunggu Sampai Mati. tentu sudah tidak asing dengan smarkey remote alias remote keyless sebagai kunci utama skutik tersebut. Nah didalam rempte tersebut terdapat batere internal yang perlu diganti jika sudah ada tanda-tanda.. lantas apa sih tanda batere internal Remote keyless yang mirip batere BIOS / UEFI itu saatnya diganti atau sudah lemah?

Ciri Baterai Keyless Yamaha NMAX Aerox XMAX Lemah. Yang pertama jika batere keyless mulai lemah, cirinya adalah fitur answer back tidak bekerja saat tombol smartkey sudah ditekan.

Yang kedua adalah proses login antara remote ke rumah kontak rada jeda sudah konek alias bunyi cetek. Yang ketiga paling jelas, yaitu lampu indikator sustem smart key pada speedometer akan berkedip sekitar 20 detik usai rumah kunci kontak on alias speedometer mulai menyala.

Nah, ciri sudah jelas.. jadi jangan tunggu battere keyless Keyless Yamaha NMAX Aerox XMAX ini sampai mati alias habis ya om, malah merepotkan diri sendiri nantinya.. misal lagi dibawa belanja, eh keyless nggak bisa dipakai, walhasil motor nggak bisa digunakan.

semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi semua, kalau saya sih setiap 2 tahun ganti, toh harga batere CR2032 ini terjangkau kok.. Gantinya juga mudah. semoga berguna ya om.. salam @ipanase, youtube pertamax7.

Jangan Panik Saat Remote Keyless Yamaha Nmax Hilang, Segera Lakukan Hal Ini
Teknologinya pakai transponder yang bisa memancarkan sinyal ke otak motor yakni Engine Control Unit ( ECU ). Fitur ini dapat ditemukan pada varian tengah dan atas yang sudah dilengkapi rem ABS (Anti-lock Braking System). Misalnya remote keyless tanpa sadar hilang atau tidak terbawa bepergian, maka motor tak bisa dihidupkan lagi nantinya. Untuk mengatasi itu tak perlu panik, ada beberapa pertolongan pertama yang bisa dilakukan pemiliknya. Tapi untuk melakukan ini pemilik Yamaha Nmax wajib tahu ID remote keyless motornya. Kode ini didapatkan di awal saat penyerahan motor ke konsumen berupa 6 digit angka.

Tekan lagi tuas kontak tadi sampai indikator berkedip satu kali untuk memasukkan kode digit pertama yakni angka 1, lalu lepas. Setelah itu, proses penerbitan remote keyless Yamaha Nmax baru bisa dilakukan dengan menyamakan atau mem-pairing sesuai kode ID yang diingat, lalu dihubungkan ke motor.

Jadi remote keyless yang tadinya hilang atau ternyata dicuri, maka tak bisa digunakan untuk menghidupkan mesin karena kode keyless-nya sudah berbeda. Oleh karena itu sebelum terlambat, ada baiknya selalu ingat kode ID remote keyless Yamaha Nmax kalian ya.

Keyless Honda PCX Tidak Bisa Diputar Mohon Pencerahannya –
Agung Prasetya Agni urusan mati total itu gak dijelasin dalam buku panduan. Kl ga tlp honda care srh dtg kerumah bisa, dl temen sy kasusnya jg gt pas dicek tnyata akinya – Hendy.

kemaren sy ke pertokoan di jogja, pulang gak bisa diputer, kata kang parkirnya daerah situ ada pengacau sinyal.. harus nuntun 50 meter baru bisa.. bayangin kalo dikunci stang… – Teguh. Sip Acb Yoman iya mas, sdh saya bicara tadi ama org honda. Coba tmbol alrmnya berfungsi gk , klw ber fungsi ya Deketin kuncinya pencet terus keluar lampu hijau, brng kali nyala dlm keada,an merah gk mw d puter kuncinya – Roso.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan