Berapa Banyakkah DHA yang Dibutuhkan Oleh Ibu Hamil ?

Berapa Banyakkah DHA yang Dibutuhkan Oleh Ibu Hamil ?
Ibu Hamil

Makanan yang mengandung asam lemak omega-3 (DHA) memang terbukti dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh terutama bagi pertumbuhan janin. Bila ibu hamil mengkonsumsi DHA dalam jumlah yang cukup maka perkembangan bayi setelah lahir dan anak-anak akan berjalan optimal. DHA yang dikonsumsi oleh ibu hamil baik dari makanan ataupun multivitamin ibu hamil dengan DHA tinggi bisa ditransfer melalui plasenta kemudian masuk ke janin. Biasanya DHA banyak ditemukan pada otak, retina maupun jaringan saraf janin. Penyimpanan DHA dilakukan mulai trimester II lalu pada trimester III sekitar 76mg DHA per hari.

Selama ini pasti banyak ibu hamil yang penasaran berapa kebutuhan omega-3 yang dibutuhkan selama kehamilan. Padahal jumlah kebutuhan DHA tersebut ternyata belum bisa diketahui dengan jelas. Namun kebutuhan ibu hamil terhadap DHA dan EPA memang lebih tinggi dibandingkan saat tidak hamil. Para ahli berpendapat bahwa kebutuhan DHA pada ibu hamil dan menyusui yaitu 200-300 mg ditambahkan EPA per hari.

Untuk memenuhi kebutuhan omega-3 pada ibu hamil bisa diperoleh dari mengkonsumsi ikan berminyak. Dimana ikan termasuk sumber protein yang bagus dan bisa sebagai alternatif daging merah dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi. Kandungan omega-3 pada ikan berminyak memang lebih mudah bercampur dengan lemak plasma dibandingkan omega-3 bentuk kapsul. Selain itu, minyak ikan harus disimpan pada suhu dingin agar asam lemaknya tidak pecah.

Ibu hamil yang kurang mengkonsumsi ikan saat hamil maka harus diberikan pengertian yang dalam mengenai manfaat DHA. Namun tak perlu khawatir bagi ibu hamil yang tidak makan ikan saat hamil maka masih bisa menggantinya dengan mengkonsumsi multivitamin ibu hamil dengan DHA tinggi. Meskipun DHA sangat dibutuhkan bagi ibu hamil, tetapi mengkonsumsi omega-3 yang berlebih bisa berisiko pada terjadinya pengenceran darah, gangguan pencernaan serta menekan kekebalan tubuh. Hingga saat ini masih belum ada laporan mengenai efek samping dari konsumsi omega-3 yang berlebihan tersebut.

Itulah tadi penjelasan mengenai kebutuhan DHA bagi ibu hamil yang bisa menambah wawasan anda. Melihat pentingnya DHA bagi janin dan ibu hamil maka sangat dianjurkan mengkonsumsi DHA selama kehamilan. Jika anda membutuhkan informasi tambahan seputar kesehatan maka silakan saja kunjungi https://www.guesehat.com/penanganan-tepat-ketika-kulit-terbakar .

Tinggalkan Balasan