Cara Mengetahui Kabel Positif dan Negatif DC dan AC

  • Bagikan
Cara mengetahui kabel positif dan negatif DC dan AC
Cara mengetahui kabel positif dan negatif DC dan AC

ANTERO NEWS – Arti dan Fungsi Warna Kabel Instalasi Listrik, Kabel dengan warna merah, kuning, dan hitam berfungsi untuk muatan listrik positif/fasa/api. Kabel akan nyetrum bila tersentuh kulit. Jika kamu mengujinya dengan tespen, maka alat itu akan menyala. Warna kabel biru berfungsi khusus untuk muatan listrik negatif.

Pada setiap jenis kabel tersebut terdapat 3 warna yang berbeda-beda di dalamnya yaitu kuning, biru, serta hitam. kabel warna biru digunakan untuk muatan listrik negatif atau netral. Kabel warna kuning digunakan untuk grounding atau pentanahan. Kabel warna hitam digunakan untuk muatan listrik positif/fasa/api

Standar warna kabel SNI

Pengetahuan tentang warna kabel akan mempermudah klita dalam memasang peralatan listrik, selain itu dapat mencegah terjadinya konsleting.

Terdapat berbagai macam warna kabel yang dibuat oleh setiap produsen kabel di seluruh dunia, tak terkecuali pewarnaan pada kabel yang digunakan untuk instalasi di rumah.

Apapun jenis dan merek kabelnya maka warna kabelnya tetaplah sama yaitu merah, kuning, hitam, biru, dan kuning strip hijau.

Dibuatnya beberapa warna kabel yang berbeda bertujuan untuk memudahkan dalam pemasangan dan perawatan sehingga tidak akan tertukar antara satu kabel dengan yang lainnya, karena pemasangannya sesuai dengan arti dan fungsi dari masing-masing kabel tersebut, untuk lebih jelasnya mengenai warna kabel tersebut silahkan baca penjelasannya di bawah ini:

Arti Warna isolasi kabel: merah, kuning, hitam.

Fungsi: dipakai untuk muatan listrik positiip/fasa/api.

Ciri: kabel akan nyetrum bila tersentuh kulit dan bila diuji dengan tespen maka tespen itu akan menyala.

Sumber: Muatan listrik positip bersumber dari kabel PLN yang terpasang di tiang listrik

Warna isolasi kabel: Biru,

Fungsi: kabel ini khusus untuk muatan listrik negatip. Ciri: kabel tidak nyetrum bila disentuh kulit.Bila diuji dengan tespen maka tespen tidak akan menyala, Sumber: Muatan listrik negatip bersumber dari kabel PLN yang terpasang di tiang listrik

Warna isolasi kabel: Kuning strip hijau, Fungsi: kabel ini khusus dialiri oleh muatan listrik arde yang diambil dari tanah(grounding).

sumber: grounding didapat dengan cara menanam pipa logam ke dalam tanah yang nantinya akan dipasang pada setiap terminal stopkontak.

Pada umumnya jalur kabel grounding yang dipasang oleh petugas instalatir akan disatukan dengan kabel negatip yang bersumber daeri PLN.

Untuk mendapatkan kualitas grounding yang baik maka kita harus membuat jalur grounding sendiri yang tersipah dari jalur instalasi yang dipasang oleh instalatir.

Pada umumnya beberapa jenis kabel Seperti NYA, NYM, dan NYY memiliki tiga warna kabel yang berbeda di dalamnya, warna ketiga kabel itu adalah; biru, kuning, dan hitam, maka untuk pemasangan ketiga warna kabel tersebut adalah:

  1. Kabel warna biru: dipakai untuk muatan listrik negatip/netral
  2. Kabel warna kuning: dipakai untuk grounding /pentanahan
  3. Kabel warna hitam:dipakai untuk muatan listrikpositip/fasa/api.

Dengan pemasangan yang benar diharapkan tidak akan terjadi hubungan pendek yang dapat mengakibatkan kebakaran

Selain warna kabel yang harus benar pemasangannya ternyata ukuran diameter kabelpun harus sesuai dengan SNI dan PUIL.

Menurut PUIL besarnya kapasitas hantaran kabel dinamakan dengan kuat hantar arus atau yang disingkat dengan nama KHA.

Bagi anda yang akan memasang kabel listrik di rumah sebaiknya memperhatikan juga ukuran diameter kabel yang akan dipasang dengan memperhatikan beberapa pedoman di bawah ini:

Pilihlah ukuran kabel; yang sesuai dengan daya listrik yang ada, arus listrik yang melebihi KHA dari kabel akan menyebabkan kabel tersebut menjadi panas, bila panasnya melebihi batas ketahanan isolasinya maka kabelpun akan terbakar yang beresiko menjadi penyebab kebakaran rumah.

Untuk jalur kabel dari meteran ke MCB gunakanlah kabel dengan diameter 4mm, sedangkan untuk jalur utama instalasi listrik dapat menggunakan kabel yang berukuran 2,5mm, sedangkan untuk percabangan ke saklar dan lampu menggunakan kabel dengan diameter 1,5mm.

Perhatikan juga bila kemungkinan ada rencana penambahan daya ke depannya, maka sebaiknya memakai ukuran kabel yang lebih besar, agar saat penambahan daya tidak perlu lagi mengganti ukuran kabel kecuali kabel yang sudah rusak dan lapuk.

Apakah ground sama dengan negatif?

Dalam kelistrikan juga sama, hanya saja kita menyebut elektron itu adalah arus positif yang selalu mencari negatif. Bumi (ground) adalah bagian yang negatif.

Bolehkah ground dan netral digabung?

Ketika kabel netral dan ground digabung, maka arus listrik akan kembali ke sumber bukan hanya melalui kabel netral, tetapi juga melalui kabel ground. … Ketika manusia menyentuh bagian logam tersebut, maka arus listrik akan kembali ke sumber melalui kabel netral, kabel ground dan manusia tersebut.

Kenapa kabel netral tidak nyetrum?

Kabel Netral, jika dalam instalasi listrik sering menggunakan warna biru, kabel netral walaupun tersentuh kita tidak akan tersetrum karena sesuai namanya adalah netral atau tidak mengandung tegangan, jika kita test dengan sebuah test pen netral ini tidak akan menyalakan lampu testpen.

Apa itu kabel fasa netral dan ground?

Kabel Phase biasa disebut juga dengan Kabel Fasa, Kabel Positip (+) atau Kabel api. Kabel Netral biasa disebut juga dengan Kabel Negatif (-) atau Kabel badan. Kabel arde biasa disebut juga dengan Kabel pentanahan atau Grounding.

Kabel positif aki warna apa

Selanjutnya kamu bisa melakukan hal yang sama pada kabel terminal positif aki mobil yang biasanya diberi warna merah dan bertanda simbol plus (+).

Kabel warna putih untuk apa?

Jawaban. Kabel warna putih memiliki muatan listrik positif.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan